Novena Kanak-Kanak Yesus

Keajaiban Doa Novena Kanak Kanak Yesus dan Doa Mujizat

Keajaiban Doa Novena Kanak Kanak Yesus dan Doa Mujizat Mari kita bersama mendoakan Novena Kanak Kanak Yesus dalam menyambut kelahir...

Rabu, 25 September 2013

A little Bread for our Soul: BERTEKUN DALAM PENDERITAAN DEMI BERJALAN DI JALAN ALLAH (versi 2)


BERTEKUN DALAM PENDERITAAN DEMI BERJALAN DI JALAN ALLAH (versi 2)
 
 “....Kita malah bermegah juga dalam kesengsaraan kita, karena kita tahu, bahwa kesengsaraan itu menimbulkan ketekunan, dan ketekunan menimbulkan tahan uji dan tahan uji menimbulkan pengharapan. Dan pengharapan (pada Allah] tidak mengecewakan, karena kasih Allah telah dicurahkan di dalam hati kita oleh Roh Kudus yang telah dikaruniakan kepada kita.” (Roma 5: 3-5)

Tuhan mempercayakan saya mendengar dan menemani beberapa sahabat dg beragam perkara yg mreka hadapi. Dan umumnya, mereka merasa sangat terbeban dan menderita dg perkara2 tsb.
Hal yg utama saya sampaikan adl: Bagi kita yg mengimani Kristus, sgala perkara tsb bukanlah penderitaan. Namun suatu keadaan dimana Allah berkenan menarik kita kembali ke tahta kasihNya.
Mengapa?

Krn perkara2 tsb adl salah 1 jalan Allah merindukan dan memanggil kita kembali pd tangan kasihNya. Dan Allah berjanji bhw Dia yg juga merasakan penderitaan kita, juga akn menanggungnya bsama dg kita.

Harus ditekankan disini bahwa kesengsaraan yang dimaksud disini bukan berarti kita senang dengan penderitaan, mencari-cari kesulitan atau senang bersakit-sakit, namun kita bersukacita karena kita mau mentaati perintah Tuhan dan menjalani hidup yang berkenan bagi Tuhan, walaupun didalamnya kita banyak mengalami tantangan dan kesulitan. Kesengsaraan yang kita alami adalah kesengsaraan demi nama Kristus.

Kita justru harus bersukacita dan bermegah karena kita mempunyai pengharapan akan kemuliaan Tuhan, dan kesusahan yang kita alami adalah sarana yang Tuhan pakai untuk menjadikan kita terus bertekun dalam pengaharapan. Penderitaan harus kita alami karena penderitaan akan menimbulkan ketekunan dan kesabaran. Ketekunan dan kesabaran adalah salah satu dari buah-buah roh.

Dalam menghadapi kesulitan ketika kita ingin mentaati kehendak Tuhan yaitu hidup sesuai dengan perintah Tuhan, karena kita terus bertekun dalam pengharapan, maka justru kita makin menyadari betapa kita perlu anugrah dan kekuatan Tuhan. Bila hidup kita lancar dan tidak mempunyai masalah, justru kita mudah menjadi lupa akan penyertaan Tuhan karena semuanya tampak baik-baik jalannya, tidak ada kesulitan yang harus dihadapi. Oleh karena itu, pada saat kita bertekun dalam pengharapan, maka seperti lirik lagu “Sepanjang jalan Tuhan pimpin, itu cukup bagiku” akan memiliki arti yang dalam dan memberikan penghiburan disaat menghadapi kesulitan.

Di sisi lain, bila ada kesusahan datang kepada kita, maka kita seharusnya bersyukur karena Tuhan masih mau agar kita bertekun dalam pengharapan, karena seperti dalam nats alkitab diatas, ketekunan akan menghasilkan karakter pribadi yang tahan uji. Dalam suratnya kepada jemaat di Korintus, Paulus juga menulis bahwa Allah menghibur kami dalam segala penderitaan supaya kami dapat menghibur mereka yang didalam penderitaan dengan penghiburan yang kami terima dari Allah (2 Kor 1: 4). Paulus ingin menyatakan bahwa bila kita bertekun dalam pengharapan, maka Tuhan pun akan memberikan penghiburan agar kita memperoleh sukacita, serta selanjutnya dapat juga menghibur saudara seiman yang juga mengalami penderitaan.

Ketika kita mempunyai pengharapan yang pasti, maka kita akan dapat bertahan dalam kesulitan dan penderitaan, serta semakin berharap untuk menerima kemuliaan Allah. 

Bagi kita yang percaya, dibalik setiap pencobaan, Allah telah menyediakan berkah bersarNya bagi kita.

Salam damai,

*A*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar