Novena Kanak-Kanak Yesus

Keajaiban Doa Novena Kanak Kanak Yesus dan Doa Mujizat

Keajaiban Doa Novena Kanak Kanak Yesus dan Doa Mujizat Mari kita bersama mendoakan Novena Kanak Kanak Yesus dalam menyambut kelahir...

Senin, 23 September 2013

A little 'bread' for our SOUL = Buah Roh yang keenam adalah: KEBAIKAN



Buah Roh yang keenam adalah: KEBAIKAN

"Buah buah Roh adl kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, KEBAIKAN.... (Galatia 5:22-23)


Kebaikan adalah suatu sifat / karakter dasar manusia. Sepeti saat bayi dilahirkan, maka segala yang ada dan yang menyertainya adalah segala hal ttg kebaikan.

Ini adalah salah satu bukti kasih Allah kepada manusia ciptaanNya, bhw Allah menciptakan segala sesuatu dan segenap manusia dalam keadaan baik dan sempurna adanya.

Sebelum membahas lebih lanjut ttg ‘perjalanan kebaikan’ manusia, marilah kita sejenak memikirkan betapa Allah sungguh baik kepada kita.

Beberapa hal inti sebagai bukti nyata kebaikan Allah yg Maha Baik, adalah:

1.“Allah menciptakan langit dan bumi serta isinya”. (Kejadian 1 : 1 – 31).

Pd awalnya hanya ada gelap di alam semesta ini, lalu karna kebaikanNya, Allah bekerja slm 6 hari, mencipta & mengisi alam semesta dengan sgala keindahan & manfaatnya. Pada hari ke 6, Allah menciptakan manusia seturut gambarNya.  Selama 5 hari Allah bekerja, mempersiapkan segalanya, yg ternyata adl demi mempersiapkan sgala yg dibutuhkan oleh manusia (Adam & Hawa, dan kita).

2. “Allah Bapa sungguh mengasihi manusia shg Ia mengutus Yesus Putera-Nya ke dunia untuk menebus dosa-dosa kita, agar kita memperoleh hidup yang kekal” (Yoh 3:16).

Sayangnya, manusia jatuh dalam dosa & dunia menjadi tempat yg penuh dgn kuasa dosa. Dan krn kasihNya, Allah tdk mau sgala dosa menjauhkan / melepaskan manusia dari tangan kasihNya. Dia ingin kita tetap bersamanya, selama menikmati hidup di alam semesta ini, sampai nanti kita bersamaNya di surga. Shg Dia mengutus Yesus, Putra satu2nya, untuk mati & melepaskan manusia dari kuasa maut, menebus dosa manusia dan memberikan keselamatan kekal.

3. “Tiada kasih yang lebih besar daripada kasih seseorang yang menyerahkan nyawanya untuk sahabat-sahabatnya…” (Yoh 15:13). 

Kebaikan yg utama adalah yg dinyatakan oleh Yesus Kristus, Sang Putra, yg menyerahkan DiriNya untuk menderita demi karya penyelamatanNya untuk segenap manusia berdosa - yaitu sengsara, wafat, kebangkitan dan kenaikan-Nya ke surga.

Disini kita melihat kasih yang lebih besar dr sgala dosa & kelemahan; kasih yg lebih kuat drpd maut, kasih Allah yg slalu siap mengampuni, siap merangkul anak-anak-Nya yang bertobat. Ya, inilah pernyataan kebaikan Allah Bapa & Allah Putra, Tuhan Yesus, untk kita.

4. Saat Yesus naik ke surga untuk duduk di sebelah kanan Allah Bapa, kita tidak dibiarkan sendirian. Sbg bukti kebaikanNya, Allah mencurahkan Roh Kudus kepada kita sebagai Roh Penolong, Pembimbing, Penghibur dan Penunjuk jalan kebenaran dan keselamatan.

5. Dan banyak hal yg Allah Bapa dan Tuhan Yesus perbuat demi mengasihi manusia, yang nyata menyertai kita sampai saat ini.

Salah satu sifat Allah yang dirasakan manusia, baik oleh orang percaya maupun bukan, adalah kebaikan dan kemurahan-Nya. Ia memberikan matahari bagi semua orang. Ia memberikan alam semesta dan isinya, berikut angin, hujan, dan semua musim, baik bagi org baik dan juga bagi org jahat. Jelas, Allah selalu memberikan apa yang menjadi segala kebutuhan manusia tanpa memandang siapa yg diberikanNya.

Lihatlah kebelakang, dalam perjalanan hidup kita sampai hari ini kita tidak pernah merasa kekurangan, selalu dicukupi, dan bahkan berkelimpahan. Sehingga benar apa yang dikatakan Pemazmur; “Kecaplah dan lihatlah, betapa baiknya TUHAN itu!” (Maz. 34:9). 

Alkitab mengatakan bahwa Kebaikan Allah adalah yang membawa orang berdosa kepada pertobatan dan keselamatan. Kebaikan Allah juga memancar pada orang orang yang dipilihNya untuk mewakili pekerjaanNya. Orang orang yg menjadi pilihanNya, yg telah dipenuhi oleh Roh Kudus, akan memancarkan sinar kasih Allah kepada sekitarnya. Dalam segala sikap, perkataan dan perbuatannya, adalah pancaran kasih dan kebaikan Allah. Dan mereka adalah orang orang yang turut andil dlm ladang kebaikan Allah, yaitu yang membawa manusia pada damai sejatera dan keselamatanNya. Banyak orang yang telah diselamatkan melalui orang percaya pilihanNya tsb; mengatakan bahwa, apa yang menarik dari diri mereka adalah cinta kasih dan kebaikan yg bersinar pada mereka.

Kita telah melihat dan sering mendengar orang berkata bahwa kita, anak2 Allah, adalah beda. Kita beda karna kasih dan kebaikan yang telah menjadi karakter / sifat kita sbg bentukan dari Allah sendiri. Kita beda karna ada pancaran kebaikan Allah dalam diri kita dan kebaikan tsb kita bagikan kepada sekitar kita.

Dan ketahuilah bahwa kita anak2Nya adalah juga orang orang pilihan Allah yang mewakili kebaikan Allah tsb. Karna Allah ingin kita menjadi serupa dengan gambaranNya, dalam kasih dan kebaikan.
Beberapa kebaikan yang membuat kita berbeda adalah:
  1. Bahkan Tuhan Yesus mengajarkan kita untuk berbuat baik pada orang yang tidak berbuat baik thd kita =
Pada umumnya manusia akan berbuat baik pada orang yang juga berbuat baik kepadanya. Itulah yang berlaku di dunia dan diajarkan oleh dunia. Tetapi kalau kita berbuat demikian, apakah upah kita? 

Tuhan Yesus mengingatkan kita, “Sebab jikalau kamu berbuat baik kepada orang yang berbuat baik kepada kamu, apakah jasamu? Orang-orang berdosa pun berbuat demikian!” (Luk. 33).

Maka kita juga harus berbuat kebaikan kepada mereka yg tidak pernah berbuat kebaikan pada kita, tidak bersikap baik thd kita, bahkan thd org yg menyakiti dan memusuhi kita.
  1. Berbuat baik karena telah mendapat kebaikan Tuhan.
“Di Yope ada seorang murid perempuan bernama Tabita, dalam bahasa Yunani Dorkas. Perempuan itu banyak sekali berbuat baik dan memberi sedekah.....” (Kis. 9:36). 

Kebaikan yang dilakukan oleh anak2 Allah bukan karena ia ingin mendapatkan “sesuatu, tetapi justru karena ia telah mendapatkan “sesuatu”, dan ingin berbagi apa yg didapatkannya itu. Sesuatu itu adalah sgala kebaikan dari Allah.

Dalam hidupnya, org tsb banyak berbuat kebaikan dgn menolong orang lain, memberikan sedekah / bantuan, memberikan waktu, dukungan & perhatian untk sesama, dll, bukan karena “mudah-mudahan ia masuk sorga” atau semoga mendapat pahala / berkat; tetapi karena sorga sudah ada dalam hatinya dan berkat2Nya sdh berlimpah dalam hidupnya; shg ia membagi berkat sorgawi itu pada yang memerlukannya. 

Ini yang menjadi perbedaan mendasar antara kita, anak2 Allah, dengan yg lain.
  1. Berbuat baik itu adalah perintah Tuhan.
“Janganlah kita jemu-jemu berbuat baik” (Gal. 6:9); 

“Karena itu, selama masih ada kesempatan bagi kita, marilah kita berbuat baik kepada semua orang, ...” (Gal. 6:10); 

“Peringatkanlah agar mereka itu berbuat baik, menjadi kaya dalam kebajikan, suka memberi dan membagi” (1 Tim. 6:18); 

“Jadi jika seorang tahu bagaimana ia harus berbuat baik, tetapi ia tidak melakukannya, ia berdosa” (Yak. 4:17).

Kebaikan adalah suatu sikap atau tindakan nyata yang kita lakukan atas dasar kasih. Allah menginginkan kita melakukan kebaikan seturut kemampuan kita. Bagi yang diberikan lebih oleh Allah, berbuatlah lebih. Dan bagi yang belum memiliki lebih, tetaplah bersukacita dalam Allah dgn kebaikan yg mampu kau bagikan.

“Rasul Petrus berkata: "Emas dan perak tidak ada padaku, tetapi apa yang kupunyai, kuberikan kepadamu: Demi nama Yesus Kristus, orang Nazaret  itu, berjalanlah !" (Kis Rasul 3:6) =  Rasul Petrus memberi teladan, bahwa walau saat itu dia tdk memiliki barang berharga untuk dibagikan, namun dia memiliki hati untk diberikan kpd seorang yg lumpuh dgn dia mendoakan org tsb agar bisa berjalan kembali. Dan keajaiban terjadi, org Nazareth itu berjalan!

Kebaikan bisa dimulai dengan hal yg sederhana. Dengan sikap yang bersahaja, tenang, sabar, ramah, dgn perkataan yg penuh kasih & membawa berkat bagi yang mendengarnya, dan sgala yang diperbuatnya adalah untuk kebaikan org lain (bukan untuk kebaikan diri sendiri); hidupnya adalah untuk memberikan manfaat bagi org lain; yg dikerjakannya adalah demi melayani sesama dan Allah; dan fikirannya selalu memikirkan ttg Sang Maha kasih dan yg Maha baik; itulah kebaikan yg SEJATI!. Hidup dan dirinya sungguh berguna & berkualitas.

Buah Roh kebaikan inilah yg akan memampukan kita, anak2 terangNya, menjadi pribadi yang penuh dgn sgala kebaikan tsb agar kita beroleh hidup yang penuh kebaikan yang berkualitas.

Kebaikan adalah kesempatan kita untuk menyatakan diri kepada dunia bahwa kita adalah sungguh beruntung krn telah dipilih menjadi anak2 terangNya. Kita sungguh bangga krn kita memiliki Allah yg begitu pengasih dan penyayang, shg kita slalu penuh sukacita untuk berbagi dan berbuat kebaikan agar sekeliling kita boleh melihat kemuliaan Allah bersinar melalui perbuatan baik kita.


Salam damai,

*A*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar