Novena Kanak-Kanak Yesus

Keajaiban Doa Novena Kanak Kanak Yesus dan Doa Mujizat

Keajaiban Doa Novena Kanak Kanak Yesus dan Doa Mujizat Mari kita bersama mendoakan Novena Kanak Kanak Yesus dalam menyambut kelahir...

Senin, 23 September 2013

DILAHIRKAN KEMBALI DARI AIR DAN ROH



DILAHIRKAN KEMBALI DARI AIR DAN ROH

"...jawab Yesus: "Aku bkata kepadamu, sesungguhnya jk seseorang tdk dilahirkan dr air & Roh, ia tdk dpt masuk ke dlm kerajaan Allah.....Aku berkata kepadamu, kamu harus dilahirkan kembali (dari air & Roh Allah)!" (Yoh 3: 5 & 7)

Dengan kasih yg sempurna, Allah menciptakan alam semesta beserta isinya, dlm keadaan baik adanya.

Allah jg menciptakan manusia serupa gambaranNya, dalam keadaan yg baik adanya pula.

Allah menghadirkan manusia di semesta ciptaanNya yg baik & sempurna tsb, dg suatu cita2 yg indah, bhw manusia juga akn hidup seturut cara, kehendak & gambaranNya.

Seperti seorang bayi yg lahir tak bernoda, murni dan bersih, begitulah Allah menghadirkan masing2 manusia ke bumi ini.

Sungguh nyata bhw Allah mengasihimu. Sperti seorang bapak yg menimang & memandang anaknya yg baru lahir dg penuh kasih, sambil berharap: "Ayah mengasihimu, jadilah anak baik yg penuh kasih & berguna bagi Allahmu dan sesamamu."

Namun sayangnya, bayi yg  terlahir tsb, bertumbuh di dunia yg penuh dgn banyak hal yg penuh noda, yg akhirnya menodai kemurnian dr hakikat penciptaan Allah.

Noda yg dtg dr sgala kuasa dosa dan kuasa kegelapan, yg menawarkan sgala hal keduniawi-an, yg membuat manusia jatuh dalam keberdosaan dan menjauhkannya dr kasih Allah.

Krnya dg tegas Yesus bkata dlm ayat diatas, bhw: "...kamu harus dilahirkan kembali!" - krn hanya yg dilahirkan kembali dr air & Roh, yg dpt mjd anggota umat Allah & masuk dlm kerajaan surga.

Maksud dilahirkan kembali dr Air adalah ‘Pembaptisan’. 

Seperti teladan baptis yg Yesus berikan; dalam alkitab: 

Pada waktu itu tampillah Yohanes Pembaptis di padang gurun Yudea dan memberitakan: "Bertobatlah, sebab Kerajaan Sorga sudah dekat…..aku (Yohanes) membaptis kamu dengan air sebagai tanda pertobatan, tetapi Ia (Yesus) yang datang kemudian dari padaku lebih berkuasa dari padaku dan aku tidak layak melepaskan kasut-Nya. Ia akan membaptiskan kamu dengan Roh Kudus dan dengan api. Maka datanglah Yesus dari Galilea ke sungai Yordan kepada Yohanes untuk dibaptis olehnya. Yg kemudian diikuti oleh banyak org yg juga minta untk dibaptis. (Matius 3).

Baptisan adalah sbg pernyataan pertobatan dan kepercayaan kpd Yesus, Putra Allah Bapa, yg dtg ke dunia untk menebus dosa manusia & sbg jalan keselamatan menuju Allah Bapa.

Seperti tertulis dlm alkitab: "...krn bgitu besar kasih Allah kpd manusia shg Ia meng-karuniakan anakNya yg tunggal, spy stiap org yg percaya tdk binasa melainkan beroleh hidup yg kekal. Sbab anak Allah hadir bukan untk menghakimi tapi untk menyelamatkan." (Yoh 3: 16-17).

Yesus berkata: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku." (Yoh 14:6).

Pembaptisan adalah cara manusia dilahirkan kembali dari air, seperti kehendak Yesus.

Namun, kebanyakan dr kita jg telah dibaptis, banyak yg dibaptis sejak kecil. Saat kita dibaptis, kita telah terlahir kembali spt bayi, tanpa noda dan dosa. Namun dlm melanjutkan pjalanan hidup, kita kembali terkena noda keduniawian, yg menjadikan kita berdosa lagi dan jauh dr kasih Allah.

Karnanya, Yesus berkata, bhw kita juga harus terlahir kembali dari Roh Allah.

SabdaNya: "Terang itu sdh dtg ke dunia, tetapi manusia lbh menyukai gelap drpd terang, sbab perbuatan mrk jahat. Setiap org yg berbuat jahat benci pd terang & tdk mau dtg kpd terang spy perbuatannya yg jahat jgn kelihatan. Tetapi org yg mengasihi Allah datang kpd terang spy menjadi nyata bhw apa yg dilakukannya itu adl menurut kehendak Allah." (Yoh 3 : 19)

“…Ia (Yesus) akan membaptiskan kamu dengan Roh Kudus dan dengan api.” (Matius 3:11b)

Lahir kembali dr Roh artinya adl kita menerima Roh Allah yg adalah Roh Kudus dlm hidup kita. Krn hanya hidup bsama Roh Kudus-lah, manusia dpt slalu bjalan dlm jalan kebenaran dan keselamatan, dgn bimbingan & pimpinanNya. Hanya bersama dampingan Roh Kudus, manusia mampu melakukan kehendak Allah.

Baptisan Roh yang disinggung oleh Yohanes Pembaptis dalam Matius 3:11b dengan kata-kata "Baptisan roh kudus dan api", baru diberikan kepada yang seseorang oleh Yesus bilamana dia setelah pertobatannya itu benar-benar melaksanakan Kehendak ALLAH yaitu:

a)     Dengan segenap hati dan jiwanya mengaku percaya bahwa Yesus adalah Tuhan (Yohanes 13:13), Mesias, Anak ALLAH yang hidup (Matius 16:16), karena yang mampu menyelamatkan umat manusia adalah Yesus seorang (Kisah Para Rasul 4:12, Yohanes 14:6);
b)     Dengan segenap hati, jiwa, kekuatan dan akal budinya mengasihi ALLAH    (Markus 12:30)

c) Dengan segenap hati, hidup benar di hadapan Allah, yaitu: menjalani hidup  seturut perintahNya, selalu bersekutu dgn Allah dg berdoa, membebaskan diri dari hidup berdosa, berbuat kebaikan dan berusaha menghasilkan buah buah Roh, dan mengasihi sesama manusia seperti dirinya sendiri (Matius 22:39)

Hal ini untk menggenapi perkataan Yesus: " Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan!  akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga,  melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku  yang di sorga. (Matius 7:21).

Lahir kembali dr air (pembaptisan) yg menjadikan kita beroleh Yesus, jln keselamatan; dan lahir kembali dr Roh Allah (menerima Roh Kudus) yg memampukan kita melakukan kehendak Allah; adl syarat mutlak kita boleh mjd anggota umat Allah di kerajaanNya.

Salam damai,

*A*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar