Novena Kanak-Kanak Yesus

Keajaiban Doa Novena Kanak Kanak Yesus dan Doa Mujizat

Keajaiban Doa Novena Kanak Kanak Yesus dan Doa Mujizat Mari kita bersama mendoakan Novena Kanak Kanak Yesus dalam menyambut kelahir...

Jumat, 20 September 2013

Tribute 3 days to Pantekosta – DATANGLAH ROH KUDUS



Tribute 3 days to Pantekosta – DATANGLAH ROH KUDUS:

Yesus berpesan: "Dunia tdk mengenai Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu & akan diam di dlm kamu (Roh Kudus)." (Yoh 14:17b)

Dalam ulasan saya sebelumnya, kita kembali meresapi betapa Allah Bapa mengasihi kita sejak awal. Dia Yang dgn sgala caraNya, sjk dunia Dia jadikan, bahkan mengutus PutraNya ke dunia, smua demi mengasihi kita. Dan Yesus, Sang Putra, yg adl Sang Kasih itu sendiri, yg merengkuh derita & maut, demi keselamatan kita di bumi & nanti.

Kini kita menyadari, satu lagi bukti kasihNya yg sungguh nyata & indah, adl: Roh Kudus. Kita telah memahami bahwa Roh Kudus adl Roh Allah yg dicurahkan dari tahta surga demi penyertaanNya yg nyata thd diri kita di bumi ini.

Roh Kudus yg dulu dicurahkan pd murid2Nya, yg kini jg dicurahkan kpd kita, pd saat kita dibaptis dan akn dicurahkan lebih lagi pd hari Pantekosta esok, adalah Dia yg menyertai dan membimbing kita pada seluruh jalan kebenaran. Seperti yg dikatanNya: ”Kamu telah dibaptis denganair, dan suatu saat, kamu akan dibaptis dengan Roh Kudus.”

Dalam ayatNya, Yesus berkata bhw Dia akn minta kpd BapaNya & Ia akan memberikan Penolong yg lain, yang akan menyerta ikita selama-lamanya.

Kata "Penolong" adl diartikan sbg seseorang yg dipanggil untuk mendampingi agar menolong orang yang didampingi.

Selain itu juga berarti Penasehat,Penghibur, Pembela, Sekutu & Sahabat. 

Dan Yesus memenuhi janjiNya bhw Dia berikan Penolong, RohKudus tsb, untk menyertai kita. 

Allah yg Maha Tau, sangat tahu &mengerti  bhw kita yg dikasihiNya adl manusia yg penuh kelemahan, dan slm kita hidup di dunia ini pasti penuh tantangan dan kesulitan, terlebih kita hidup di dunia yang penuh ancaman kegelapan; karnaNya Yesus maumenegaskan bahwa kita tidak sendiri ! 

Ada Roh Kudus, yang menyertai kita,mendampingi, menguatkan, membimbing & memimpin kita pd sgala kebenaran. 

Roh Kudus yg akan membantu kita dlm sgala kelemahan kita. Dan Roh Kudus yg menghantar kita pd sgala kebaikan Allah yg disediakan untk kita, yg mengasihiNya. 

Betapa besar peran Roh Kudus dlm kehidupan orang percaya, namun sayangnya kita seringkali justru mendukakan Roh Kudus atau tdk memperdulikannya. 

Kita hanya lebih ber-orientasi pd diri kita, kemampuan kita, intelektualitas kita, fikiran kita, keinginan kita, daripada mengandalkan Roh Kudus; yg berarti adl kita hanya mengandalkan diri kita, bukan mengandalkan Allah. 

Yg semestinya kita harus menyadari betapa kita sungguh beruntung diberikan karunia besar ini, krn Roh Kudus yg diam & menyertai orang percaya, adl Roh Kudus yang menjadi sarana Allah berbicara & membimbing kita.

Tetapi manusia mempunyai kebebasan untuk memilih, apakah kita mau menghargai &mengijinkan Roh Kudus berkarya atas hidup kita atau tidak. Allah memberikanNya,tp kitalah yg memilih untk menerimaNya atau tdk. 

Bahkan jalan keselamatan yg Dia berikan adalah juga sebuah pilihan, mau berjalan menuju kesitu atau tidak,sepenuhnya adalah pilihan manusia, dan Allah memberikan kebebasan yg tanpa paksaan.

Namun,sadarilah bhw kita sedang menghadapi dunia yg semakin jahat, smakin mengerikan,dunia dimana sgala bentuk dosa & kejahatan dr hal yg kelihatan dan jg yg tdk kelihatan, berkeliaran mengaum mencari mangsa. 

“Karena perjuangan kita bukanlah melawan darah dan daging, tetapi melawan pemerintah-pemerintah, melawan penguasa-penguasa,melawan penghulu-penghulu dunia yang gelap ini, melawan roh-roh jahat di udara.” (Efesus 6:12)

Allahmengetahui hal ini, shg alkitab dgn gamblang mengatakan bahwa hari-hari ini adl jahat, oleh karena itu jangan kita mengandalkan kekuatan sendiri untukmenghadapinya, krn kita akan kalah dan mudah terjatuh dalam kegelapan tsb.

Juga jgn hanya mengandalkan diri kepada hal keduniawian & kekuatan besar yg ada di sekitar kita, yg terlihat hebat namun tdk abadi; baik itu harta benda, kepandaian, jabatan, kekuasaan, ketenaran, atau kebergantungan kpd orang yang berkuasa atau popular; yg pd ujung crita, seringkali tdk membawa dampak yg baik bagi kita, yg menjauhkan kita dr kebenaran, dan hanya membawa kita kpd kekecewaan & kehampaan. Dan terlebih, yg menjauhkan kita dr tahta kasih Allah & keselamatanNya dlm hidup kita.

Andalan kita yang nyata, sejati, setia & terpercaya cuma satu: kuasa Allah Bapa,kasih Yesus Kristus & kekuatan serta penghiburan dari Roh Kudus = Allah TriTunggal Maha Kudus.

Bukalah hatimu dan dengarkanlah seruan dan panggilanNya, di kedalaman hatimu, jgn acuhkan lg; namun hidupkan, dengarkan & ikuti bimbingan Roh Kudus dlm jiwamu, demi kebaikan dan keselamatan kita; demi terbebasnya kita dr maut atas sgala dosa & sgala yg jahat. 

Berbahagialahkita atas karunia Roh Kudus ini; mampukan dirimu untk menghasilkan buah2 Roh Kudus dlm hidup kita: kasih, damai sejahtera, sukacita, kemurahan hati,kesabaran, kesetiaan, kelemah-lembutan, penguasaan diri, dan kebaikan & pancarkan dan bagikanlah semua manisnya buah Roh itu kpd sesama.

 Amin.


Beberapa hari lagi adalah hari raya Pantekosta, hari dimana Allah Bapa & Tuhan Yesus, mencurahkan Roh KudusNya, demi janji penyertaan kita di bumi. Karunia Roh yg akan menjadi bekal bagi tiap hati, untk lebih mengasihi dan mendaraskan iman kita akn karya penyelamatan Tuhan, yg berlaku dulu, kini, sampai nanti Yesus datang kedua kaliNya sbg Hakim atas Cinta Kasih.

Menyongsong hari Pencurahan Roh Kudus, saya ingin sejenak mengajak teman2 mengenang kembali apa yang dilakukan Allah Bapa & Tuhan Yesus, sbg tanda kasihNya, sebelum Roh Kudus itu dicurahkan :

Krn kasih Allah Bapa yg besar, maka putraNya, Tuhan Yesus datang ke dunia ini: “Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, Nama-Nya YESUS! Supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.” (Yohanes 3:16).

Pertanyaannya, mengapa & ada apa dengan manusia sehingga Tuhan Yesus harus datang ke dalam dunia ini? Alkitab mengatakan :
“Semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah. Upah dosa adalah maut!” (Roma 3:23; 6:23).

Dan Alkitab katakan, “Tuhan Yesus mati karena dosa-dosa kita!” (1 Korintus 15:3). Dia dikuburkan tetapi pada hari yang ke-3 Dia bangkit dari kematian!

Tuhan Yesus adalah Tuhan yg hidup. Dan kini telah naik ke Surga, duduk di sebalh kanan Allah BapaNya : ”...yang duduk di sebelah kanan Allah, setelah Ia naik ke sorga sesudah segala malaikat, kuasa dan kekuatan ditaklukkan kepada-Nya.” (1 Petrus 3:22) +  ”Mulai sekarang Anak Manusia sudah duduk di sebelah kanan Allah Yang Mahakuasa." (Lukas 22:69)

Yesus yang tidak berdosa telah dijadikan menderita dan mati, dan dijadikan dosa oleh karena kita, artinya Dia harus mati menggantikan saya dan kita semua, supaya di dalam Dia setiap orang yang percaya kepada Yesus dibenarkan oleh Allah. Itulah yang Tuhan Yesus lakukan! Dia mati buat saya dan kita semua, tetapi jangan lupa juga bahwa Tuhan Yesus bangkit & skg telah MULIA!

Selama 40 hari setelah kebangkitan-Nya, Dia mengunjungi / menampakkan diri kepada beberapa murid-murid-Nya. Mereka memberitahukan hal itu kepada murid-murid yang lain, namun tidak semuanya mempercayai hal itu, termasuk Tomas. Dia tidak mau percaya sebelum melihat dan mencucukkan tangannya ke lubang bekas paku di tangan Yesus.

Karena Tuhan Yesus begitu baik, delapan hari setelah itu Dia datang khusus kepada Tomas dan berkata,
“Taruhlah jarimu di sini dan lihatlah tangan-Ku, ulurkanlah tanganmu dan cucukkan ke dalam lambung-Ku dan jangan engkau tidak percaya lagi, melainkan percayalah.”“Karena engkau telah melihat Aku, maka engkau percaya. Berbahagialah mereka yang tidak melihat, namun percaya.” (Yohanes 20:24-29).

Mungkin ada orang yang seperti Tomas; kalau dia tidak melihat sendiri dia tidak percaya.Tetapi Yesus berkata : ‘…
Berbahagialah mereka yang tidak melihat, namun percaya. » (Yoh. 20:29). Itulah iman kita yg Dia kehendaki.

Saya tidak tahu bagaimana keadaan teman2 saat ini, mungkin ada yang sedang dalam keadaan seperti yang dialami murid-murid Tuhan tadi. Mungkin ada yang sedang mengalami masalah dalam pekerjaan, dalam keluarga, dalam kesehatan, keadaan ekonomi, menanti berkat jodoh atau anak atau apa saja. Mungkin ada yang sedang dalam kondisi kecewa, keraguan atau berputus asa.

Tetapi saya ingin berbagi satu hal, bhw Tuhan Yesus itu baik! Dia sungguh baik dan sangat baik kepada kita semua. Dulu, kini dan selamanya, kasihNya tdk berubah. Kalau kita mau membuka hati dan berserah diri dg sungguh2 kpd Tuhan, walau sedang merasa seperti ditinggalkan oleh Tuhan & dalam sgala kesesakan, percayalah dan jangan kuatir! Sebab Tuhan pasti akan datang kepada teman2 dan membasuh setiap hati dg kasihNya!


Serahkan segalanya, relakan Dia bekerja dg caraNya, agar kita dibawaNya pd berkatNya yg terbaik yg Dia sediakan untk masing2 kita. Tugas kita hanya menghidupkan kembali iman kepercayaan kita pdNya. Tetap yakin dan percaya, semua Dia indahkan pd waktuNya.


Salam damai,

*A*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar